5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Perencanaan Pemasaran Media Sosial
5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Perencanaan Pemasaran Media Sosial - Media sosial merupakan tempat dimana orang-orang bisa berinteraksi satu dengan yang lainnya, bisa untuk media komunikasi dengan orang dekat kita bahkan orang asing sekalipun. Semakin maraknya penggunaan social media di Indonesia merupakan sebagai salah satu saluran atau channel marketing bagi para pembisnis atau pengusaha terutama di dunia maya, dengan tumbuh pesatnya sosial media membuat para banyak pebisnis khususnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) juga ikut ramai berbondong-bondong masuk ke social media.
Namun, sayangnya tidak semua pebisnis UKM itu memanfaatkannya secara tepat dalam pengunaanya. Hal paling utama yang menyebabkannya adalah tidak adanya perencanaan dalam menjalankan social media marketing.
Berikut ini adalah hal-hal yang harus kita perhatikan saat membuat perencanaan social media marketing :
1. Apa yang Ingin Kita Bisa Dapatkan dari Social Media
Saat membuat perencanaan social media marketing kita harus tentukan tujuan kita menggunakan social media. Tujuan suatu bisnis menggunakan social media marketing pun bermacam – macam, bisa untuk memperluas exposure mereknya, untuk mempromosikan produk baru, untuk berinteraksi dan membangun relasi dengan konsumen, ataupun sebagai channel customer service.
2. Siapakah yang akan Menghandle Akun Social Media Kita Tersebut
Saat akan memanfaatkan social media sebagai salah satu channel marketing bisnis kita, tentunya kita juga harus menentukan siapakah yang akan meng-handle-nya. Jika kita adalah usaha kecil dan belum mempunyai cukup dana untuk membayar orang untuk meng-handle, maka menjalankan sendiri akun tersebut tidak apa-apa.
Tetapi jangan biarkan hal tersebut terjadi berkepanjangan, karena sebagai pemilik bisnis tugas kita bukan hanya menjalankan akun social media melainkan juga memikirkan pengembangan bisnis. Oleh sebab itu, kita harus menyiapkan dana untuk membayar orang yang khusus melaksanakan social media marketing.
3. Social Media Apa Saja yang akan Kita Gunakan
Saat membuat perencanaan social media marketing, kita harus menentukan akun social media apa saja yang akan kita gunakan. Jika kita belum mempunyai tim khusus yang meng-handle akun social media, maka pilihlah social media yang paling banyak calon konsumen kita berada.
4. Apa Saja yang akan Kita Post di Akun Social Media Tersebut
Seticalon ap social media memiliki karakteristik yang berbeda-beda untuk konten yang dapat menarik perhatian para konsumen. Misal, untuk Facebook konten dengan gambar dapat menghasilkan engagement yang lebih baik dibandingkan jenis konten yang lainnya. Oleh karena itu, konten yang berhasil di suatu social media belum tentu berhasil di social media lainnya.
5. Bagaimana Cara Mengukur Efektivitas Strategi Social Media Marketing yang Kita Lakukan
Pengukuran efektivitas strategi social media marketing yang kita jalankan sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan melakukan pengukuran, kita bisa mengetahui apakah strategi yang kita jalankan berhasil atau tidak. Pada Facebook, kita bisa melakukan pengukuran efektivitas dengan menggunakan fitur insight yang ada di fanspage kita.
Sedangkan di Twitter, kita bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk melakukan pengukuran seperti, twitter counter untuk mengukur pertambahan follower dan twtrland.com untuk mengukur demografi follower.